04 Juni, 2008

BBGRM

WAKIL BUPATI RESMIKAN PASAR SAMIGALUH

Setelah kurang lebih sepuluh tahun terbengkalai tidak pernah dipergunakan oleh para pedagang, akhirnya Selasa (3/6) pasar Samigaluh selesai direnovasi dan diresmikan oleh Wakil Bupati Kulon Progo, Drs. H. Mulyono. Kehadiran Wakil Bupati di Samigaluh tersebut berkaitan dengan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) 2008, selain meresmikan pasar Samigaluh, Mulyono juga meninjau berbagai kegiatan pembangunan di Desa Gerbosari dan Purwoharjo.
Selama kurang lebih sepuluh tahun ini, para pedagang lebih memilih menggelar dagangannya di totogan pertigaan Samigaluh, karena dinilai lebih mudah diakses oleh masyarakat. Kondisi ini sangat disayangkan karena pasar Samigaluh yang berdiri sejak tahun 1927 tersebut dibiarkan kosong tidak dipergunakan sehingga kondisi bangunan semakin tidak terurus dan memprihatinkan.
Pada akhirnya jika bertepatan dengan hari pasaran, suasana pertigaan Samigaluh menjadi sangat ramai hingga tumpah ke badan jalan. Hal ini sangat membahayakan bagi keselamatan pedagang, pembeli, maupun pengguna jalan, bahkan sudah beberapa kali terjadi kecelakaan yang menelan korban.
Guna mengatasi kondisi tersebut, pihak Kecamatan Samigaluh kemudian mendata para pedagang untuk kesediaanya menempati kembali pasar. Dengan kesediaan 85 pedagang, kemudian Kecamatan Samigaluh merenovasi pasar Samigaluh dengan menelan anggaran sebesar Rp. 278.000.000 dana tersebut diperoleh dari Pemerintah Propinsi DIY sebesar Rp. 250.000.000 selebihnya sebesar Rp. 28.000.000 diperoleh dari hasil swadaya masyarakat.

Tidak ada komentar: