07 April, 2008


Pembahasan Libatkan Semua Pihak

Kades Hargowilis Akhirnya Dilantik

Pelantikan Kepala Desa (Kades) Terpilih Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap Dalijan, A.Md, yang sempat tertunda beberapa waktu yang lalu akhirnya dilaksanakan. Secara resmi pelantikan dilaksanakan oleh Wakil Bupati Kulon Progo Kulon Progo Drs. H. Mulyono, Senin (7/4), di Balai Desa setempat. Acara tersebut juga dihadiri oleh Wakil Ketua Komisi I Sudarminto, Kepala Bawasda Hendro Purnomo Sigit, SH, Kabag Pemdes Drs. Riyadi Sunarto, Kabag Hukum Bambang Sulistyo, SH, Kakan Humas Drs. R. Agus Santosa,MA, BPD dan segenap anggota masyarakat.

Dalijan, Amd dilantik berdasarkan Keputusan Bupati Kulon Progo Nomor : 137/2008 dan akan menjabat sebagai Kades Hargowilis periode 2008-2014. Setelah dalam pilkades yang dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2008 berhasil mengungguli 5 rival yang lain.

Menurut Wabup, dilantiknya Kades Hargiwilis tersebut akhirnya dilaksanakan setelah dilakukan pengkajian dan pembahasan yang melibatkan berbagai elemen terkait seperti, pemkab Kulon Progo, Muspida plus dan elemen masyarakat. Selanjutnya, proses pengambilan keputusan untuk melantik Kades Hargowilis tersebut adalah sebuah proses demokrasi. Dimana pemkab Kulon Progo telah mengakomodir apa yang menjadi aspirasi dari masyarakat.

Sebagai proses demokrasi, aspirasi masyarakat akan disesuaikan dengan peraturan daerah (Perda) yang ada. Dengan penyesuaian tersebut nantinya dapat dilihat apakah dengan perda yang ada sudah bisa mengakomodir semua kepentingan dari masyarakat. “Jadi tidak menutup kemungkinan, jika perda yang ada memang kurang sesuai dengan kepentingan masyarakat kami bersedia untuk meninjau ulang,” katanya.

Selanjutnya, dilantiknya Kades Hargowilis, Kokap merupakan langkah awal dari pelantikan selanjutnya yang juga akan dilaksanakan untuk Kades Donomulyo, Nanggulan dan Kades Paliyan, Temon. Karena seperti diketahui, pelantikan Kades terpilih di kedua desa tersebut juga sempat tertunda akibat munculnya beberapa permasalahan. Karena pengkajian dari permasalahan telah kami lakukan dengan melibatkan pihak-pihak yang terkait, pelantikan Kades Donomulyo juga akan kita laksanakan untuk minggu depan dan minggu terakhir bulan April ini, untuk Kades Paliyan, lanjut Wabup.

Sementara itu, perwakilan dari masa Gerakan Membangun Demokrasi Desa (Gerbang Desa) Ariyawan, yang beberapa waktu lalu bersama dengan masyarakat yang lain memprotes hasil Pilkades Hargowilis telah menerima keputusan pelantikan tersebut. Menurut Ariyawan, setelah melakukan pengkajian bersama dengan pemkab pihak Gerbang Desa bisa menerima keputusan untuk melantik Kades terpilih.

Karena dalam pengkajian tersebut tidak ditemukan penyimpangan (money politic), seperti yang selama ini menjadi tuntutan dari massa gerbang desa. “Namun meskipun kami menyetujui pelantikan ini bukan berarti misi kami untuk membangun demokrasi di desa berhenti. Kami akan tetap mengawal dan memonitor setiap perda yang ada sebagai produk hukum di daerah agar bisa berjalan dengan maksimal dan benar-benar mensejahterakan masyarakat,” katanya.

Tidak ada komentar: