07 April, 2008

AIDS KULONPROGO TERUS BERTAMBAH

Toyo : Ojo Sok Seneng Cluthak

Jumlah warga Kulonprogo yang dinyatakan positip terinfeksi virus Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome yang dikenal dengan AIDS selama awal 2008 terus tambah. Terhitung sejak lima tahun terakhir telah mengalami peningkatan yang cukup signifikan dalam rakor dan revitalisasi Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) di Wates belum lama ini, jumlah penderita sebelumnya 2 sekarang meningkat menjadi 7 positif HIV AIDS..

Tingginya temuan ini, tidak lepas dari tingkat mobilitas penduduk yang cukup tinggi. Mereka kerap pergi keluar daerah dalam kurun waktu lebih dari satu hari. Faktor lain yang ditengarai ikut menjadi pemicu adalah adanya potensi dunia wisata yang semakin maju. Hal ini berdampak mulai dirambahnya wisata yang berujung kepada hubungan seks.

Dimintai komentarnya, terhadap jumlah angka positif AIDS yang terus meningkat, Bupati Kulonprogo H.Toyo Santoso Dipo mengharapkan agar masyarakat jangan berbuat nakal, sehingga perkembangan dapat diminimalisir. Karena orang yang sudah terkena atau positif umumnya dikucilkan sehingga mencari teman yang sebanyak-banyaknya. “Adanya penderita AIDS, pesen saya ojo sok seneng cluthak, sebab umumnya yang seneng cluthak itu sangat mudah terkena, padahak resikonya tinggi, orang yang sudah terkena akan berusaha untuk mencari teman sebanyak-banyaknya supaya ketularan, temennya jadi banyak, dia tidak sendirian,”katanya.

Tidak ada komentar: