11 Maret, 2008


ULTAH SUPERSEMAR, PEMKAB LUNCURKAN WEBSITE

Bertepatan dengan ulang tahun Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar) Selasa (11/3) di Gedung Kaca Pemkab Kulonprogo, Bupati H. Toyo Santoso Dipo meluncurkan Website Pemkab Kulonprogo yang beralamat di www.kulonprogo.go.id dan intranet.kulonprogo2.net. Hadir dalam peluncuran Ketua DPRD Drs.H.Kasdiyono, Sekda Drs.H.So’im,MM, Asisten III, serta seluruh kepala SKPD dan perwakilan asosiasi di Kulonprogo.

Pemkab Kulonprogo sebenarnya telah memiliki website beberapa tahun silam yang dikelola oleh BAPPEDA dengan mengandeng pihak ketiga. Namun kondisi yang ada sangat mengecewakan bila diakses masyarakat, tampilan serta data-data yang disediakan sudah tidak diperbaharui terlebih informasi berita yang disajikan selain sudah lama hanya diambilkan dari berita di surat kabar. Di era global sekarang ini selain pentingnya teknologi informasi juga untuk mendukung kebijakan Bupati yakni Kulonprogo Go Internasional, website kembali mendapatkan perhatian serius dari pemkab.

Seiring dengan peningkatan kualitas SDM dari PNS dilingkungan Pemkab khususnya Kantor Pengelola Data Elektronik (KPDE), website yang diluncurkan bukan hasil kerjasama dengan pihak ketiga seperti sebelumnya tetapi murni merupakan hasil kerja staf KPDE sebagai instansi yang bertanggungjawab dalam pengelolaan dan kelangsungan website.

Kepala Kantor KPDE, Drs.Bisono Indro Cahyo menjelaskan SDM yang ada untuk mengelola website 4 orang telah diangkat menjadi tenaga fungsional pranata komputer pelaksana yang merupakan satu-satunya di Indonesia baru Kulonprogo. “Website ini dikelola secara bersama-sama diharapkan peran serta aktif dari masing-masing SKPD, sehingga menu yang ada dapat menarik pengunjung, meski dengan keterbatasan waktu dan dana,”jelas Indro yang sebelumnya menjabat Kepala BKKBN Kulonprogo.

Kedepan menurut Indro, selain menyajikan informasi dan investasi di Kulonprogo kegiatan lelang barang dan jasa oleh masing-masing SKPD dapat dilakukan melalui website, serta komunikasi masyarakat melalui layanan SMS dan ajang forum dialogis.

Bupati Kulonprogo H.Toyo Santoso Dipo menyambut baik diluncurkan website dengan format baru, yang merupakan alat pelayanan yang sangat vital di era kemajuan zaman teknologi informasi. Terlebih Kulonprogo yang mempunyai rencana pembangunan bandara internasional beberapa investor menginginkan study kelayakan dapat ditampilkan di website, sehingga dapat mudah untuk diakses.

”Dengan dikelola sendiri tidak bekerjasama dengan pihak lain, diharapkan kontrol yang baik sehingga tidak ada virus masuk, sehingga tidak diacak-acak bahkan dirusak oleh orang lain, dengan memperhatikan masukan-masukan saya percaya kedepan dapat berjalan dengan baik,”pesannya.

Hal senada dikatakan Ketua DPRD Drs.H.Kasdiyono yang menyambut baik website yang baru diluncurkan dengan menampilkan ragam informasi , investasi diharapkan Kulonprogo menjadi salahsatu incaran para investor.

Selain meluncurkan website, dalam kesempatan yang sama juga diluncurkan intranet.kulonprogo2.net yang merupakan sistem informasi eksekutif berupa informasi dari lingkungan SKPD dan hanya dapat diakses internal dilingkungan Pemkab Kulonprogo.

Meski telah diluncurkan, namun belum semua SKPD dapat mengakses situs yang ada, terutama di 12 kecamatan karena masih menunggu pelaksanaan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) yang merupakan program dari Dinas Kependudukan Catatan Sipil Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat. (Dukcapilkabermas).

Tidak ada komentar: