11 Maret, 2008

ANAK NAKAL DI KULON PROGO TERTINGGI DI DIY

Jumlah anak nakal di Kabupaten Kulonprogo menduduki rangking pertama di Propinsi DIY. Berdasar hasil pemutakhiran data Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) dan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) tahun 2008 yang dilakukan oleh Dinas Sosial propinsi DIY, kabupaten Kuloprogo terdapat 248 anak nakal yang merupakan data terbesar disusul kabupaten Bantul 239 , kabupaten Sleman 185, Kota Yogya 107 dan terakhir Gunungkidul 65, jumlah keseluruhan mencapai 844 anak nakal.

Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (Dukcapilkabermas) Kabupaten Kulonprogo Drs.Sarjana di dampingi Kasubdin Pemberdayaan Masyarakat, Drs.Untung Waluyo mempertanyakan criteria yang dilakukan oleh Dinas Sosial Propinsi meski Kulonprogo sangat rentan adanya anak nakal. “Dengan melihat kondisi dilapangan kami mempertanyakan criteria yang dipakai oleh Dinas Propinsi dalam melakukan pendataan anak-anak nakal ini, meski tidak dipungkiri bahwa Kulonprogo sangat rentan adanya anak-anak nakal,”jelas Sarjana di ruang kerjanya, Selasa (11/3).

Meski demikian hal ini menurutnya merupakan masukan bagi instansinya untuk memberikan pembinaan lebih lanjut, walaupun terbatas dana dan instansi yang menangani permasalahan social.

Selain data anak nakal dalam pemutakhiran data tersebut juga disebutkan data balita terlantar sejumlah 1.778 , anak terlantar 8.492, anak jalanan 148, gelandangan 99, pengemis 88, dan tuna susila 21.

Tidak ada komentar: