13 Februari, 2008


WABUP LANTIK KADES TERPILIH

Pemimpin Mau Mendengar dan Berdialog

Seorang Kepala Desa harus secara kritis memandang jabatannya sebagai sebuah tantangan dan kapasitas untuk melakukan inovasi ataupun perubahan. Selain itu harus memahami dan menyadari tugas utama seorang pemimpin yaitu untuk menentukan arah, mendengar, dan melayani. Mengemban tanggung jawab kepemimpinan berarti mampu menentukan arah, dan ke arah mana desa dan masyarakat yang dipimpinnya akan dibawa.

Demikian dikatakan Wakil Bupati Kulon Progo Drs. H. Mulyono dalam acara Pengambilan sumpah dan pelantikan Kepala Desa Jatimulyo R. Murdani Saputro, Girimulyo Senin (11/2), di Balai Desa setempat. Murdani adalah mantan Kades sehingga pelantikan merupakan jabatan kedua kalinya selama 6 tahun kedepan. Turut hadir Kabag Pemdes Drs. Riyadi Sunarto, Camat Girimulyo Drs.Sumiran Kades se-Kecamatan Girimulyo, Ketua BPD serta anggota BPD, perangkat desa dan tokoh masyarakat.

”Seorang Kepala Desa harus mampu merubah pola pikir yang memposisikan sebagai sumber kebenaran mutlak, ke arah pola pikir dimana sumber kebenaran diposisikan secara seimbang antara pemimpin dan masyarakat”, pesan Wabub .

Hal itu menuntut kemampuan seorang pemimpin untuk lebih membuka diri terhadap masukan, saran dan kritik dari masyarakat. Kesediaan seorang pemimpin untuk mendengar dan berdialog merupakan suatu bentuk penghargaan yang hakiki terhadap warga masyarakat. Dengan cara dialog dapat diperoleh informasi yang otentik, membangun kebijakan yang aspiratif dan demokratis.

Disisi lain, Wabub juga mengingatkan kepada masyarakat Desa Jatimulyo bahwa desanya mempunyai banyak potensi yang cukup besar, diantaranya potensi obyek wisata alam yang bagus berupa Goa Kiskendo, peternakan kambing PE, perkebunan dan pertanian, seni budaya yang dapat terus digali dan dikembangkan.

Selain Kades Jatimulyo, Wakil Bupati Drs.H.Mulyono secar berturut-turut juga mengambil sumpah dan melantik Kades terpilih. Pada hari Selasa (12/2) Wabub Mulyono mengambil sumpah dan melantik 3 Kades incumbent untuk jabatan kedua kalinya di balai desa setempat. Ketiga Kades tersebut adalah Bhekti Murdayanto,SE Kades Hargorejo Kokap, Kades Janten Fahrudin,S.Ag dan Kades Kaligintung Hepson Purnomo,SIP yang keduanya di Kecamatan Temon.