17 April, 2009

DI MUSIM HUJAN MENDATANG
Pemkab Targetkan Penanaman 1 Juta Pohon

Pada musim hujan mendatang, Pemkab Kulon Progo menargetkan akan menanam 1 juta pohon di seluruh wilayah kabupaten. Pengadaan bibit akan dilakukan oleh Pemkab sedang penanamannya oleh masyarakat, dengan sistem pemberian bantuan secara gratis.
Hal itu terungkap saat dilakukan Hari Bhakti Rimbawan dan Hari Bumi tahun 2009, Jumat (17/4) di kompleks terminal Wates. Acara yang dihadiri oleh segenap pejabat pemkab dan masyarakat itu ditandai dengan penanaman bibit pohon oleh Bupati H Toyo Santoso Dipo dan pejabat yang hadir.
Menurut Toyo, saat ini dampak pemanasan global dan perubahan iklim sudah sangat terasa di Kulon Progo. Pada siang hari udara etrasa panas menyengat dan di malam hari rata-rata suhu di atas 30 derajat C.
Hal ini, katanya, perlu mendapat penanganan yang konkret dan serius oleh semua lapisan masyarakat. Yakni dengan momotivasi masyarakat untuk rajin menanam pohon. Karena dengan jumlah pohon yang banyak, produski oksigen akan semakin banyak dan pada gilirannya akan mengurangi intensitas pemanasan global.
“Saya minta di musim hujan nanti Dinas Pertanian dan Perkebunan menyediakan bibit dan diberikan kepada masyarakat secara gratis, jangan ada pungutan apapun. Silakan disediakan bibit secukupnya, dengan perhitungan pohon yang hidup setidaknya 1 juta batang,” pinta Bupati kepada Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Ir Agus Langgeng Basuki.
Sementara, menurut Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Ir Junianto Marsudi Utomo, pada hari Bhakti Rimbawan dan Hari Bumi di Kulon Progo dilakukan penanaman 1.650 pohon. Penanaman dilakukan di kompleks terminal Wates, lingkungan kantor pemerintah dan ruang-ruang terbuka hijau di sekitar Kota Wates.

Tidak ada komentar: