28 Agustus, 2008

SABTU DIGELAR RITUAL NYADRAN AGUNG

Seperti tahun-tahun sebelumnya, setiap bulan Ruwah atau menjelang bulan puasa ramadhan Pemkab Kulonprogo menyelenggarakan kegiatan ritual Nyadran Agung. Khusus bulan ruwah kali ini akan berlangsung Sabtu (30/8), yang didahului dengan Tahlilan Jum'at (29/8) malam di halaman Rumah Dinas Bupati.
Menurut Kepala Kantor Humas Kulonprogo,Drs.R.Agus Santosa,MA, Kamis (28/8)menjelaskan kegiatan Nyadran Agung tahun ini berbeda dengan tahunlalu. Dulu peserta berkumpul di Gedung DPRD Kulonprogo baru berangkat berurutan menuju lokasi Nyadran Agung di kompleks Rumah Dinas Bupati. Kali ini akan disebar dititik-titik lokasi.
Namun rombongan yang dari gedung DPRD tetap ada, yang terdiri kelompok -kelompok seni budaya yang berasal dari desa budaya.
Sedangkan yang lain akan diberangkatkan dengan titik yang telah direncanakan meliputi halaman kantor pemkab, teteg kereta api barat, perempatan UNY.
Nyadran akan dihadiri perwakilan warga Kulonprogo diperantauan yang berasal dari beberapa kota besar. Dalam Nyadran Agung tetap ada tumpeng gunungan palawija dan apem. Semua peserta baik dari instansi hingga desa menggenakan busana jawa.

Tidak ada komentar: