15 Mei, 2008

BID Kenalkan Internet Lewat MCAP

Badan Informasi Daerah (BID) Yogyakarta yang bekerjasama dengan Kantor Humas Kulon Progo dan PT. Telkom mencoba untuk memasyarakatkan teknologi internet dengan fasilitas Mobile Community Acces Point (MCAP). Sasaran pertama yang dibidik adalah Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai salah satu kelompok masyarakat yang selama ini telah bekerjasama dengan Kantor Humas Kulon Progo dalam menyampaikan informasi-informasi kepada masyarakat.
Menurut Kepala Kantor Humas Kulon Progo Drs. H. R. Agus Santosa,MA yang ditemui di Kantor Humas Rabu (14/5), mengemukakan bahwa anggota KIM pada awalnya akan dikenalkan dan diberikan pelatihan bagaimana cara mengoperasikan dan menggunakan internet. Selanjutnya, dengan pelatihan tersebut diharapkan KIM yang anggotanya tersebar di beberapa Kecamatan di Kulon Progo bisa menyebarkan cara-cara menggunakan fasilitas internet kepada masyarakat luas. “Karena saat ini fasilitas internet juga sudah banyak kita jumpai. Yaitu, dengan berdirinya Warung Internet (warnet) yang telah banyak kita jumpai di tengah masyarakat,” katanya.
Selain menggunakan perantara anggota KIM, masyarakat juga bisa secara langsung menggunakan fasilitas MCAP. Karena setiap sebulan sekali yaitu pada hari rabu minggu kedua fasilitas MCAP akan datang ke Kulon Progo dan memberikan pelayanan internet kepada masyarakat. Sedangkan untuk setiap harinya, BID biasanya memberikan pelayanan internet dengan fasilitas MCAP di Kantor Pos Besar Yogyakarta.
Sementara itu, Agus Santosa mengaharapkan agar masyarakat bisa memaksimalkan kesempatan untuk menggunakan fasilitas tersebut. Meskipun untuk sat ini perangkat yang tersedia juga masih terbatas. “Namun kami berharap masyarakat bisa memaksimalkan keberadaan MCAP, karena seiring perkembangan jaman kedepan internet akan menjadi perangkat yang sangat diperlukan dalam menjalankan komunikasi maupun penyampaian informasi,” lanjut Agus Santosa.

Tidak ada komentar: