28 April, 2008

PPNI Kulon Progo Gelar Donor Darah

Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kulon Progo, Sabtu (10/5) menggelar kegiatan donor darah secara massal di aula RSUD Wates. Kegiatan itu diikuti oleh 30 anggota PPNI, baik dari RSUD Wates maupun Puskesmas.
Menurut ketua panitia, Nyono S Kep, aksi donor darah dilaksanakan dalam rangka Hari Perawat Sedunia yang jatuh pada tanggal 12 Mei 2008 dan bertujuan untuk membantu kecukupan ketersediaan darah bagi RSUD Wates.
“Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Kulon Progo dan RSUD Wates sering mengalami kekurangan stok darah. Sehingga sering terjadi, pasien yang membutuhkan darah harus grubyugan ke sana-kemari untuk mencari donor. Untuk itulah kami melakukan aksi ini agar stok darah cukup dan masyarakat yang membutuhkan bisa terbantu,” ujar Nyono.
Direktur RSUD Wates dr Bambang Haryatno, M Kes yang turut menyaksikan kegiatan tersebut, meyambut positif aksi yang dilakukan PPNI. Menurut Bambang, kegiatan itu akan sangat membantu masyarakat khususnya pasien yang membutuhkan darah dalam waktu yang mendesak.
Dikatakan, RSUD Wates pada waktu-waktu tertentu masih kekurangan darah dalam jumlah cukup besar. Terutama di saat-saat emergency, seperti saat banyak pasien yang harus operasi atau ada banyak pasien yang membutuhkan tambahan darah karena menderita penyakit tertentu.
“Contohnya saat putra Pak Kepala Dinas Kesehatan Kulon Progo menderita opname karena terserang penyakit DBD beberapa waktu lalu. Kebetulan stok darah golongan B yang dibutuhkan kosong, sehingga kami harus mencari donor kemana-mana. Beruntung akhirnya kami dapat sehingga putra Pak Kepala Dinas bisa segera sembuh,” terangnya.
Bambang berharap agar kegiatan yang dilakukan PPNI itu bisa memotivasi kelompok masyarakat yang lain untuk melakukan kegiatan yang sama. “Ini kegiatan riil yang sangat membantu masyarakat,” tegas mantan Kepala Puskesmas Wates tersebut.

Tidak ada komentar: