14 Maret, 2008


MALAM NANTI DI TVRI JOGJA
DKBM tema Pengembangan Wisata Suroloyo

Untuk mengembangkan kawasatan obyek wisata, salah satunya adalah keterlibatan masyarakat lokal serta pemahaman yang relatif komprehensif terhadap potensi sosial dan kebudayaan yang selama ini menjadi penyangga kelangsungannya. Sebab apabila hal tersebut tidak mampu dikelola dengan baik, maka pengembangan kawasan wisata cenderung menjadi awal dari tersingkirnya potensi masyarakat lokal di sekitar kawasan objek wisata.
Menurut Kepala Kantor Humas Kulonprogo, Drs.R.H.Agus Santosa,MA didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kulonprogo Drs.Bambang Pidegso,MSi, Pemerintah Kabupaten Kulonprogo dalam mengelola agenda pembangunan dan didalamnya pengembangan kawasan wisata selalu memposisikan proses penyaiapan sosial sebagai prioritas utama. Termasuk penyiapan sosial dalam pengertian tertatanya secara baik infrakstruktur dan fasilitas penopang yang memudahkan akses wisatawan.
"Prinsip inilah yang dikedepankan, karena pada tahun 2008 ini Dinas Pariwisata mencanangkan obyek wisata Puncak Suroloyo sebagai kawasan wisata berbasis budaya dan keyakinan spiritual, legenda, nilai-nilai tradisional dan kekayaan adat perbukitan Menoreh desa Gerbosari Kecamatan Samigaluh yang mengandung sejarah perjalanan kebudayaan yang cukup panjang," terang Bambang.
Untuk membahas seputar persoalan pengelolaan kawasan wisata Suroloyo, kerjasama Pemkab Kulonprogo melalui Kantor Humas dengan TVRI Jogja dalam acara talkshow Di Kaki Bukit Menoreh setiap bulan sekali pada Jum'at kedua, malam ini ,Jum'at (14/3) mulai pukul 20.00 WIB , akan dibahas dan mencari masukan atau interaktif dengan masyarakat melalui nomor telepon 0274-580800.
Dengan narasumber direncanakan Bupati Kulonprogo, H.Toyo Santoso Dipo, Kadinas Kebudayaan dan Pariwisata, Drs.Bambang Pidegso,MSI dan Ketua DPRD Kulonprogo Drs.H.Kasdiyono.

Tidak ada komentar: