30 Oktober, 2008


Dukcapilkabermas Tidak Membuka Layanan Akte di Pameran

Masyarakat Menilai Pembuatan Akte Lebih Cepat


Kesadaran masyarakat Kulonprogo untuk mendapatkan Akte khususnya kelahiran sangat besar. Hal ini terlihat dari antusias warga untuk mendapatkan akte melalui pameran Manunggal Fair yang digelar di Alun-alun Wates. Setiap hari selama berlangsung pameran selalu ada pengunjung yang menanyakan lokasi stand Catatan Sipil tempat membuat Akte Kelahiran. Namun beberapa warga tersebut urung untuk mengurus Akte karena Catatan Sipil yang berada di bawah Dinas Dukcapilkabermas sebagai pembuat Akte tidak membuka layanan pembuatan Akte kelahiran di stand pameran.

Heri dan Haryono yang setiap hari bertugas di ruang informasi pameran selalu ditanya oleh beberapa pengunjung yang menanyakan lokasi stand tempat untuk pembuatan Akte Kelahiran. “Setiap hari disini selalu ada yang datang menanyakan stand yang membuat pelayanan Akte Kelahiran, ya.saya.jawab tidak ada, dan saya berikan informasi untuk bisa datang di Catatan Sipil Dinas Dukcapilkabermas, sekarang di kantor juga bisa cepat selesai,” tutur Heri yang baru saja kedatangan pengunjung Wisto Widodo bersama istri Jumariah beserta putranya Irfan Kurnianto warga desa Sukoreno Kecamatan Sentolo yang menanyakan lokasi stand layanan Akte Kelahiran.

Masih tingginya minat masyarakat untuk membuat Akte Kelahiran di pameran, karena imej /pandangan masyarakat membuat Akte di stand pameran lebih praktis cepat selesai dibanding harus datang di kantor Catatan Sipil. “Karena kalau membuat Akte di pameran bisa sehari atau dua hari selesai seperti terjadi pada tahun lalu saat pelayanan Akte ikut pameran, kalau di kantor waktunya lama sekali, “kata Wisto.

Adanya beberapa warga masyarakat yang kecele mencari Akte tersebut, Kepala Dinas Kependudukan Catatan Sipil Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Masyarakat (Dukcapilkabermas) Kabupaten Kulon Progo, Drs.Sarjana Kamis (30/10) mengatakan tidak adanya layanan pembuatan Akte Kelahiran di Stand pameran Manunggal Fair karena lebih menfokuskan pada layanan di Kantor yang terkait dengan keberhasilan meraih sertifikat ISO 9001 : 2000 bidang pelayanan public dan tenaga yang terbatas apabila harus dibagi untuk dua tempat tersebut. Sehingga warga masyarakat yang menanyakan layanan Akte di lokasi pameran pada saat jam kerja dipersilahkan dapat langsung datang di Catatan Sipil, dengan pelayanan yang sama seperti pada saat membuka layanan di pameran pada tahun-tahun lalu. Namun demikian adanya antusiasme masyarakat, tidak menutup kemungkinan di tahun –tahun mendatang akan dipikirkan untuk kembali membuka layanan di lokasi pameran.

“Terkait ISO 9001 :2000 , untuk tahun ini tidak ikut serta pameran, namun akan kita kaji masukan dari masyarakat tersebut, yang penting di informasikan adalah bahwa sekarang ini layanan di kantor apabila semua syarat lengkap bisa selesai seperti pada saat masyarakat mengurus di stand pameran,”terang mantan Camat Kalibawang yang hobi olahraga tennis lapangan..

Tidak ada komentar: