14 Agustus, 2008

Gerakan Pramuka Mendukung Kegiatan Kemasyarakatan

Gerakan pramuka yang kebanyakan beranggotakan anak-anak dan pemuda berpotensi untuk terus berkembang dan terus berpartisipasi dalam wewujudkan pembangunan di masyarakat. Karena sesuai dengan tujuan pembentukan gerakan pramuka salah satunya adalah untuk meringankan beban masyarakat. Hal ini sesuai dengan banyaknya kegiatan yang ada di dalam gerakan pramuka yang banyak mengajarkan tentang kegiatan-kegiatan yang bersentuhan dengan kegiatan masyarakat.

Sehingga diharapkan gerakan pramuka bisa lebih meningkatkan kemampuan dan kualitasnya dalam rangka mengabdi dan mendukung kegiatan kemasyarakatan. Meskipun selama ini gerakan pramuka sudah banyak terlibat dalam kegiatan kemasyarakatan seperti, ikut bergotong-royong dan juga ikut serta dalam berbagai kegiatan yang bersifat sosial kemasyarakatan.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Kulon Progo Drs. H. Mulyono yang bertindak sebagai inspektur dalam upacara apel besar peringatan HUT Gerakan Pramuka ke-47 Kamis (14/8), di Lapangan Wijimolyo, Nanggulan. Upacara tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Kulon Progo Drs. H. Kasdiyono, Muspida, para pejabat eksekutif pemkab Kulon Progo dan anggota Gerakan Pramuka se-Kulon Progo.

Melihat permasalahan masyarakat yang saat ini belum sepenuhnya terlepas dari kesulitan perekonomian, gerakan pramuka hendaknya lebih peka dalam mencermati permasalahan. Yaitu dengan melihat permasalahan apa yang ada di masyarakat dan hal apa saja yang dapat dilakukan oleh gerakan pramuka untuk membantu permasalahan tersebut. ”Meskipun nampaknya hal ini sangat klise, namun peran serta gerakan pramuka untu membantu masyarakat akan memberikan dukungan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat,” katanya.

Di sisi lain, upacara HUT ke-47 Gerakan Pramuka tersebut mengusung nuansa lain. Yaitu, menonjolkan peran jender dalam gerakan pramuka. Dimana para petugas dari pembaca Undang-Undang Dasar, Pancasila, Dasa Dharma sampai pemimpin upacara semuanya diperankan oleh anggota wanita. Usai upacara besar tersebut, Wabup bersama Ketua DPRD dan segenap anggota Gerakan Pramuka yang hadir melakukan penanaman pohon di pinggir Lapangan Wijimulyo, Nanggulan.

Tidak ada komentar: