23 April, 2009

Tertarik Kembangkan Kultur Jaringan

Bupati Kunjungi UPN Yogyakarta

Dalam rangka pengembangan teknologi Kultur Jaringan, Bupati Kulonprogo H.Toyo Santoso Dipo, Kamis (23/4) mengunjungi Laboratorium Kultur Jaringan di lokasi Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Yogyakarta.

Turut mendampingi Bupati Kulonprogo, Kadinas Pertanian dan Kehutanan Ir.Agus Langgeng Basuki,MT, Kepala Kantor Ketahan Pangan dan Penyuluhan Pertanian, peternakan, Ir.Bambang Tri Budi Harsono, Kabag TI dan Humas Setda Drs.Bisono Indro Cahyo serta perwakilan guru SMKN 1 Nanggulan .

Dalam kesempatan tersebut Bupati dan rombongan diterima Dekan Fakultas Pertanian UPN Dr.Ir.Teguh Kismantoro Taroaji,MSc dan kepala laboratorium Endah Wahyurini,SP,MSi serta Ir,Rina Sri Lestari.

Usai menyaksikan dan menerima penjelasan dari kepala Laboratorium, Bupati Kulonprogo H.Toyo Santoso Dipo, tertarik dengan fasilitas teknologi kultur jaringan yang ada di UPN, untuk dapat dikembangkan di Kulonprogo. Untuk itu dalam kesempatan selanjutnya akan dilakukan kerjasama antara pemkab Kulonprogo dengan UPN dalam pengembangan bibit di Kulonprogo dengan system teknologi kultur jaringan ini. Disamping itu melalui siswa siwi SMKN 1 Nanggulan yang memiliki jurusan pertanian, pemkab akan mengirimkan siswanya untuk mempelajari teknologi kultur jaringan. Sedang Dinas Pertanian Kehutanan diharapkan 2010 dapat memanfaatkan untuk sistem ini dengan mengirimkan para petani yang berminat untuk magang selama sekitar 3 bulan magang dengan paket 4 orang sebesar Rp.10 juta atau perorang Rp.2,5 juta.

Kerjasama lainnya diharapkan dalam rintisan Akdemi Farming Mandiri di Kulonprogo, yakni adanya kerjasama terbatas dalam bidang laboratorium atau pendidik dengan mengirimkan dosen dari UPN.

Bupati Toyo yang gemar menanam berbagai tanaman ini bahkan setelah pensiun akan mengembangkan tanaman Jati dan Sengon dari teknologi kultur jaringan.

Tidak ada komentar: